Kategori
Tips

Vitiligo, Bercak Putih Pada Kulit, Apa Itu?

Beberapa dari kalian mungkin pernah mendapati bitnik atau bercak putih di kulit namun tidak gatal dan rasanya mengganggu seperti panu. Masalah kulit ini bisa jadi merupakan tanda – tanda dari vitiligo.

Vilitogo biasanya bisa sangat terlihat pada orang yang punya kulit dengan warna yang gelap. Kondisi ini juga biasanya tak berbahaya serta tak menular seperti panu.

Vitiligo sendiri sebetulnya merupakan bercak putih yang muncul di beberapa bagian pada kulit. Masalah kulit yang ini biasanya akan muncul pelan – pelan dari bercak, setelah itu bisa meluas sepanjang berjalannya waktu.

Harus diketahui kalau bercak putih vitiligo ini tidak akan membuat kulit kering. Namun terkadang bagian kulit yang terkenal vitiligo akan terasa sedikit gatal.

Vitiligo sendiri bisa muncul pada beberapa bagian tubuh. Biasanya, bercak putih ini bisa dilihat di kulit yang ada di sekitar mata, muut, pergelangan tangan, ketiak, jari, bagian dalam paha, selangkangan, kaki, maupun di dekat alat kelamin.

Area kulit yang biasanya sering terkena sinar matahari lebih memiliki risiko untuk mengalami vitiligo. Vitiligo juga bisa ringan maupun hanya berpengaruh di area kecil yang ada di kulit.

Namun, kadang – kadang ada juga penderita vitiligo yang memiliki bercak putih yang ukurannya besar serta bisa mengganggu penampilan.

Tak ad acara yang bisa dilakukan untuk tahu ada berapa banyak area tubuh yang terkena vitiligo. Namun, bercak putih di masalah kulit ini biasanya sifatnya permanen.

Vitiligo sendiri muncul karena tubuh kita kekurangan pigmen atau zat pewarna kulit yang dikenal sebagai melanin. Pigmen ini dihasilkan oleh sel – sel kulit melanosit.

Di vitiligo, biasanya melanosit tak bisa bekerja secara optimal sehingga produksi melanin akan berkurang. Kondisi ini juga membuat bercak putih jadi muncul di kulit atau rambut muncul uban padahal usianya masih tergolong muda.

Ada beberapa faktor risiko yang bisa menimbulkan penyebab dari melanosit terganggu, seperti ada anggota keluarga yang punya vitiligo, paparan bahan kimia, sering terkena sinar mataharu, penyakit autoimun, mutase gen, stress berlebih, sampai dengan luka parah di kulit.

Biasanya dokter akan mendiagnosis bahwa vitiligo muncul sesudah mereka memeriksa area kulit yang muncul bercak putih.

Jika masalah ini seringkali dianggap sangat mengganggu penampilan atau membuat komplikasi tertentu, maka biasanya dokter akan baru memberikan rekomendasi mengenai beberapa perawatan medis serta pengobatan. Cara mengobati vitiligo adalah cangkok kulit, terapi obat, ataupun terapi laser.

Namun, kalian harus berkonsultasi dulu dengan dokter tentang jenis perawatan yang bisa menghilangkan vitiligo yang paling cocok dengan kondisi tubuh. Selain itu, diskusikan pula risiko serta efek samping yang akan didapatkan. Semoga bermanfaat.