Kategori
Berita

Superfood Daun Kelor Diburu Eropa Hingga AS, Apasih Manfaatnya?

Manfaat daun kelor yang dikenal sebagai superfood membuat bahan pangan ini belakangan menjadi incaran di sejumlah negara Eropa, Timur Tengah, hingga Amerika Serikat atau AS.

Tingginya minat pasar global terhadap superfood ini disampaikan oleh pengusaha daun kelor beromzet miliaran rupiah asal Blora, Jawa Tengah yang memiliki nama Ai Dudi Krisnadi.

Sejak tahun 2011, pria yang biasa dipanggil Kang Dudi ini mulai membudidayakan daun kelor sebagai produk pemberian makanan tambahan atau PMT untuk mengatasi kekurangan gizi atau malnutrisi di wilayan Blora dan Nusa Tenggara Timur.

“Kelor sudah digunakan di banyak negara yang menderita malnutrisi, stunting, yang kemudian sudah lepas dari masalah itu. Kelor diakui WHO dan FAO mampu menangani malnutrisi,” jelas Dudi, Sabtu 5 September 2021.

Penemu Moringa Nutrition Lock Methods atau metode pengunci nutrisi daun kelor itu menyebut bahwa tanaman kelor sebenarnya cocok jika mau ditanam di wilayah yang mendapatkan banyak sinar matahari seperti di Indonesia.

Namun, tetap saha pengolahan bahan alami ini harus tetap diperhatikan agar mendapatkan kandungan nutrisi yang tepat dan konsisten sehingga baik untuk kesehatan.

Superfood sendiri merupakan pangan fungsional yang memiliki nilai gizi tinggi serta kaya antioksidan yang punya manfaat bagi tubuh serta kesehatan.

Selain daun kelor, bahan pangan yang dikenal dengan superfood lainnya di antaranya adalah ganggang chlorella, goji berry, sprinula, cokelat, wheat grass, camu – camu, serta acai.

Lalu, sebenarnya apasi manfaat dari daun kelor sendiri? Yuk simak di bawah ini.

1.Gizi Tinggi dan Bisa Menurunkan Gula Darah

Gizi Tinggi dan Bisa Menurunkan Gula Darah

Daun Kelor punya kandungan protein, vitamin A, kalsium, kalium, serta vitamin C yang lebih tinggi daripada bahan pangan populer lainnya. Oleh karena itu Daun Kelor ini juga baik untuk kesehatan kulit kamu menurut Informasi seputar kencatikan dari geyserlandobs.

Ada sebanyak 100 gram daun kelor kering yang mengandung protein dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan yoghurt, citamin A tujuh kali lebih tinggi daripada wortel, kalium tiga kali lebih tingg dibanding dengan pisang, kalsium empat kali lebih tinggi dari susu, serta vitamin C yang tujuh kali lebih tinggi dari jeruk.

Bukan hanya zat gizi yang penting tadi, namun ternyata Daun Kelor juga memiliki kandungan vitamin B6, zat besi, magnesium, serta riboflavin B2.

Walau begitu, daun kelor tetap punya efek samping yaitu punya kadar antinutrien yang tinggi dimana hika dikonsumsi terlalu banyak, asupan ini bisa mengurangi penyerapan mineral dan protein.

Untuk mencegah efek negatifnya, kalian disarankan untuk mengonsumsi daun kelor bersama dengan makanan bergizi lainnya agar kecukupan nutrisi tetap terjaga.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa manfaat daun kelor sangat bagus untuk menurunkan kadar gula darah dan bisa meningkatkan fokus saat bermain judi online uang asli.

Ilmuan juga yakin bahwa hal ini bisa berasal dari senyawa antioksidan isothiocyanate di dalam daun kelor.

Studi yang melibatkan 30 wanita yang mengonsumsi 1,5 sendok the bubuk daun kelor per hari selama 3 bulan menunjukkan bahwa kadar gula darah puasa mereka turun kurang lebih sebesar 13,5 persen.

Ada pula studi lain yang melibatkan 6 penderita diabetes yang diberi 50 gram daun kelor di dalam menu makanannya. Dan kadar gula darah mereka turun sebesar 21%.

2.Mengurangi Peradangan dan Menurunkan Kolesterol Jahat

Mengurangi Peradangan dan Menurunkan Kolesterol Jahat

Selain bisa menurunkan gula darah, kandungan senyawa isothiocyanate pada daun kelor juga berpotensi membantu mengurangi peradangan.

Peradangan sendiri sebenarnya merupakan respon alami tubuh saat menghadapi infeksi atau cedera. Orang yang mengidap penyakit kronis seperti jantung serta kanker biasanya juga punya peradangan.

Manfaat daun kelor untuk mengatasi peradangan dibuktikan pada uji laboratorium dan penelitian pada hewan. Diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia terkait efek anti peradangan daun kelor.

Selain itu, sebuah penelitian yang melibatkan hewan dengan manusia juga menunjukkan bahwa mengonsumsi daun kelor bisa menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh kita.

Kandungan kolesterol yang tinggi di dalam darah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain mengonsumsi daun kelor, kalian yang ingin menurunkan kolesterol tinggi juga disarankan makan makanan yang mengandung gandum utuh atau beras merah, kacang – kacangan, sayur, serta buah dan membatasi gorengan.

Itulah beberapa manfaat daun kelor. Semoga bermanfaat.