Kategori
Berita

Berapa Sih Langkah Yang dibutuhkan Per Harinya?

Berjalan bisa dikatakan sebagai olahraga yang paling mudah yang bisa kita lakukan. Mungkin kita sudah sering mendengar bahwa untuk meningkatkan kesehatan kita perlu melakukan 10.000 langkah setiap harinya.

Namun ternyata, temuan terbaru mengungkapkan fakta yang berbeda. Beberapa penelitian mungkin memang mendukung gagasan itu.

Sejumlah penelitian di dalam beberapa tahun belakangan menunjukkan jika berjalan atau melangkah dengan lebih banyak setiap harinya bisa menurunkan tingkat kematian dini yang lebih rendah.

Karena itulah, para ilmuan terus melakukan penelitian untuk mencari tahu sebenarnya butuh berapa banyak langkah berjalan kaki setiap hari dan apa saja manfaatnya.

Di dalam studi terbarunya, tim yang dipimpin oleh ahli epidemiologi aktivitas fisik Amanda Paluch dari University of Massachusetts, Amherst melacak kohort atau sekelompok subjek yang memiliki karakteristik yang sama lebih dari 2.000 pria dan wanita yang berbeda ras kulit hitam dan putih paruh baya yang tinggal di 4 kota berbeda di AS.

Responden yang rata – rata usianya di atas 45 tahun menggunakan akselerometer yang melacak jumlah langkah harian serta intensitas langkah mereka sejak bangun tidur.

Percobaan ini dimulai pada tahun 2005 serta peserta ditindaklanjuti secara berkala di tahun – yahun selanjutnya hingga 2018 di mana sebagian responsen awal sudah meninggal.

Dari penelitian itu, para peneliti menemukan bahwa individu yang berhalan sekitar 7.000 langkah per harinhya punay risiko kematian dini sekitar 50 hingga 70 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang berjalan rata – rata kurang dari 7.000 langkah setiap hari.

Sementara, intensitas langkah atau kecepatan langkah tidak berpengaruh pada risiko kematian. Menurut peneliti, meningkatkan volume langkah harian pada mereka yang tak aktif bisa memberikan perlindungan terhadap kematian.

Namun, memperbanyak langkah harian tak akan membuat kematian jadi lebih rendah. Atau tak ada perubahan signifikan.

“Melakukan lebih dari 10.000 langkah per hari tidak terkait dengan pengurangan risiko kematian yang lebih tinggi.” Jelas para penliti pada studi mereka.

Hasil temuan ini lalu mengonfirmasi manfaat berjalan kaki dari peneliatn sebelumya, ambang 7.000 langkah tentu saja menjadi target yang lebih mudah digapai daripada 10.000 langkah apalagi bagi orang yang tak terbiasa jalan kaki.

“Langkah per hari adalah metrik yang sederhana dan mudah dipantau dan mendapatkan lebih banyak langkah per hari mungkin menjadi cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan.”  Kata Paluch.

“7.000 langkah per hari mungkin merupakan tujuan besar bagi banyak individu yang saat ini tidak mencapai jumlah ini.”

Namun, bukan berarti 7.000 langkah merupakan angka yang ajaib, tapi bukan juga nomor terkahir yang mungkin akan kita dengar dari topik satu ini.